PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

Makanan dan minuman merupakan beberapa penyebab yang sering mengakibatkan alergi. Kondisi alergi yang disebabkan oleh makanan maupun minuman bisa bereaksi ringan hingga parah dan membutuhkan penanganan dokter. Untuk mengenalinya, pertama-tama harus dilakukan tes alergi pada anak terlebih dahulu.

Sebenarnya tes alergi akibat makanan bisa dilakukan sendiri di rumah. Orangtua bisa melakukan pengetesan sederhana  namun tetap efektif sebagai salah satu langkah untuk menanganinya.

Mengenal Apa Itu Alergi Lebih Dekat

Alergi sendiri merupakan sebuah reaksi dari sistem imun tubuh. Reaksi tersebut timbul terhadap suatu zat tertentu yang dianggap berbahaya ketika masuk ke dalam tubuh.

Reaksi alergi sendiri tergolong cukup beragam. Beberapa reaksi-reaksinya diantaranya seperti:

  • Ruam
  • Bentol
  • Eksim
  • Gangguan pernafasan
  • Gangguan pencernaan
  • Dan lain-lain

Reaksi tersebut dapat mengganggu aktivitas si kecil. Bahkan alergi juga bisa menghambat pertumbuhan si kecil jika tidak segera diatasi.

Akan tetapi Anda jangan terlalu khawatir. Pasalnya semua alergi bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Artinya, setiap penyebab alergi ada caranya masing-masing untuk mengatasinya.

Tes Alergi Makanan Pada Anak-Anak

Tes alergi makanan sendiri bisa dilakukan dengan cara mudah. Anda bisa menghentikan terlebih dahulu beberapa makanan yang sering dikonsumsi oleh anak-anak.

Contohnya jika si kecil rutin mengkonsumsi makanan padat tertentu. Kemudian selama mengonsumsinya timbul reaksi seperti ruam atau bahkan bentol setelah mengkonsumsinya. Maka cobalah untuk menghentikan makanan tersebut.

Silahkan Anda pantau bagaimana perkembangan si kecil setelah menghentikan makanan tadi. Apakah si kecil tidak menimbulkan reaksi kulit lagi setelah menghentikan makanan tersebut? Jika iya, maka bisa dipastikan makanan tersebut menjadi penyebabnya.

Akan tetapi, jika sudah menghentikan makanan atau minuman si kecil masih tetap alergi, bisa saja reaksi tersebut diakibatkan oleh penyebab yang lain. Pasalnya, alergi sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor selain makanan dan juga minuman.

Cara Mengatasi Alergi Makanan

Setelah melakukan tes makanan, dan terbukti bahwa makanan atau minuman tersebut penyebabnya, maka hentikanlah. Pilih makanan atau minuman lain yang lebih aman untuk si kecil.

Akan tetapi tetap perhatikan kandungan nutrisinya. Contohnya anak-anak yang alergi terhadap protein dari susu sapi. Maka solusinya adalah dengan menggantinya dengan memberi si kecil produk susu yang terbuat dari kedelai.

Kapan Harus ke Dokter?

Beberapa kondisi alergi terkadang membutuhkan penanganan dokter yang lebih serius. Contohnya seperti alergi yang mengakibatkan sesak nafas hingga pingsan atau hilang kesadaran.

Anda tidak bisa mengatasi jenis-jenis alergi yang tergolong parah. Maka dari itu, segera periksakan alergi si kecil jika tidak sembuh-sembuh atau mengakibatkan reaksi yang lebih parah.

Dokter akan melakukan tes alergi secara mendalam. Dengan begitu, dokter akan mengetahui penyebab pasti dari alergi yang dialami oleh si kecil. Kemudian dokter akan memberikan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Jika dalam dua hari lebih alergi tidak kunjung sembuh, atau bahkan semakin parah, maka segeralah periksakan si kecil ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui penyebab pasti dan cara mengatasinya.

Kesimpulan

Beberapa jenis makanan bisa menjadi penyebab alergi pada anak-anak. Bahkan beberapa di antaranya bisa menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan. Maka dari itu, ketahuilah cara tes alergi dan kapan harus segera ke dokter agar alergi bisa diatasi dengan cepat.

Itulah cara tes alergi pada anak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Makanan maupun minuman terkadang menjadi penyebab alergi yang sering terjadi pada anak-anak. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam memilih makanan untuk si kecil.

 

Deskripsi: Informasi seputar cara tes alergi pada anak yang diakibatkan oleh makanan. Simak cara-caranya di sini agar Anda bisa mengatasi alergi pada si kecil secara mudah dan juga tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.