PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

Deskripsi pekerjaan adalah bagian penting dari proses perekrutan yang memberikan gambaran yang jelas tentang tanggung jawab dan tugas yang akan diemban oleh calon karyawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat deskripsi pekerjaan yang efektif serta menyertakan beberapa contoh yang relevan.

Contoh Deskripsi Kerja
Panduan Membuat Deskripsi Pekerjaan yang Efektif Tips dan Contoh

Langkah-Langkah Membuat Deskripsi Pekerjaan

  1. Tentukan Tujuan dan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum menulis deskripsi pekerjaan, penting untuk memahami tujuan dan kebutuhan perusahaan dalam mencari karyawan baru. Apa yang diharapkan dari peran ini? Apa keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil dalam posisi ini?

  1. Identifikasi Tanggung Jawab Utama

Identifikasi tanggung jawab utama yang akan diemban oleh karyawan dalam posisi tersebut. Fokuslah pada tugas-tugas yang penting dan relevan untuk mencapai tujuan departemen atau perusahaan.

  1. Jelaskan Persyaratan dan Kualifikasi

Jelaskan persyaratan dan kualifikasi yang diperlukan untuk posisi tersebut, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan khusus. Pastikan untuk membedakan antara kualifikasi yang diperlukan dan yang diinginkan.

  1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tegas

Gunakan bahasa yang jelas, tegas, dan mudah dimengerti dalam deskripsi pekerjaan. Hindari penggunaan frasa yang ambigu atau tidak jelas.

  1. Sertakan Informasi tentang Budaya Perusahaan

Sertakan informasi tentang budaya perusahaan dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Ini dapat membantu calon karyawan memahami apakah mereka cocok dengan lingkungan kerja dan nilai-nilai perusahaan.

  1. Gunakan Format yang Tertata dengan Rapi

Gunakan format yang tertata dengan rapi untuk membuat deskripsi pekerjaan mudah dibaca dan dipahami. Gunakan bullet points untuk membedakan setiap tanggung jawab dan persyaratan.

  1. Berikan Informasi tentang Gaji dan Benefit

Jika memungkinkan, sertakan informasi tentang gaji dan benefit yang ditawarkan untuk posisi tersebut. Hal ini dapat membantu menarik minat calon karyawan yang potensial.

Contoh Deskripsi Pekerjaan

Contoh Deskripsi Kerja  Marketing Manager

Tanggung Jawab Utama:

  • Mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas merek dan penjualan.
  • Mengelola tim pemasaran untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
  • Mengkoordinasikan kampanye iklan, promosi, dan kegiatan pemasaran lainnya.

Kualifikasi dan Persyaratan:

  • Sarjana dalam bidang Pemasaran atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang pemasaran.
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip pemasaran digital.
  • Kemampuan kepemimpinan dan manajemen tim yang baik.

Contoh Ringkasan Pengalaman Kerja: Sales Executive

“Sebagai Sales Executive di XYZ Corporation, saya bertanggung jawab atas pengembangan hubungan dengan pelanggan baru dan eksisting, serta mencapai target penjualan yang ditetapkan. Saya berhasil meningkatkan penjualan produk kami dengan 20% dalam setahun terakhir melalui strategi penjualan yang inovatif dan pembangunan hubungan yang kuat dengan pelanggan.”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mempertimbangkan contoh-contoh deskripsi pekerjaan yang relevan, Anda dapat membuat deskripsi pekerjaan yang efektif dan menarik bagi calon karyawan. Pastikan untuk terus memperbarui deskripsi pekerjaan sesuai dengan perubahan kebutuhan dan tuntutan bisnis perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *