PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

Saat memulai mengawali hari biasanya memang kita dilkamu rasa malas apalagi jika harus berhadapan kembali dengan rutinitas sekolah ataupun kantor yang sebenarnya hanya itu – itu saja. Tidak jarang setiap orang bangun di pagi hari dengan perasaan yang kurang baik karena menerima kenyataan harus kembali ke rutinitas yang membosankan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyemangati kamu dalam memulai hari. Namun ada satu cara yang dianggap bisa membuat kamu tenang bahkan secara emosional dan spiritual yaitu dengan melakukan dzikir pagi. Ya kegiatan seperti dzikir pagi merupakan salah satu ibadah sunnah yang bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan rasa bersyukur didalam diri.

Waktu yang disaranka untuk melaksanakan dzikir pagi sebaiknya memang setelah shalat subuh sampai matahari terbit. Tetapi jika kamu masih ingin melakukan dzikir diluar waktu tersebut maka kamu tetap bisa melakukannya karena dzikir ini juga masih bisa dilakukan sampai mendekati waktu dzuhur atau saat matahari berada diatas kepala.

Terdapat beberapa bacaan yang bisa dibacakan sewaktu melaksanakan dzikir pagi, berikut diantara doa – doa yang bisa dibacakan :

1. Membaca istigfar

Sebelum memulai dzikir pagi ada baiknya kamu melafalkan kalimat istigfar agar hati dan pikiran yang semula mungkin belum tenang bisa menjadi lebih tenang.

2. Membaca basmalah

Selanjutnya kamu bisa memulai dengan membaca kalimat “Bismillahirahmanirrahim” kalimat ini meminta kepada Allah agar kita dilindungi dari godaan syaitan.

3. Membaca ayat kursi

Selanjutnya yaitu membaca ayat kursi yang merupakan potongan surat Al Baqarah ayat ke 255. Siapa yang membaca ayat kursi di pagi hari maka ia akan dilindungi dari gangguan syaitan sampai petang.

4. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas

Selanjutnya anda bisa membaca 3 surat pendek diatas yang setiap suratnya diulang bacaannya sebanyak 3 kali. Dengan membaca 3 surat pendek diatas maka segala seuatu kebutuhannya pada hari itu akan dicukupkan.

5. Membaca doa dzikir sesuai kebutuhan, contohnya seperti berikut :

“Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya : “ Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

Atau bisa juga membaca doa dzikir berikut ini :

“Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.