PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

PASAR DIGITAL

SAJIKAN BERITA TERUPDATE MASA KINI

Biang keringat merupakan sebuah penyakit yang berupa ruam atau bintik kemerahan yang terjadi pada kulit di tubuhmu dan biasanya rasanya gatal. Penyakit ini banyak terjadi ketika suhu udara baik dan terlalu panas maupun lembab.

Selain ada banyak cara yang harus kamu pahami untuk mengatasi penyakit ini kamu juga harus tau apa saja pantangan yang harus dihindari ketika terkena biang keringat. Kebanyakan mereka yang menderita penyakit ini adalah bayi, makanya kenapa kita tuh sebagai orangtua harus memastikan kondisi lingkungan seorang bayi tujuannya yaa salah satunya agar terhindar dari biang keringat. Selain bayi penderitanya juga lebih banyak pada mereka yang menyukai aktivitas fisik seperti olahraga karena mengeluarkan banyak keringat. Ada banyak penyebab kenapa seseorang mengalami ruam atau bintik kemerahan, diantaranya.

Hal yang Menyebabkan Biang Keringat

Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat sehingga ada penumpukan keringat pada lapisan kulit. Nah ruam biasanya terjadi pada punggung, leher, selangkangan, dada, tangan dan sebagainya. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Berat badan berlebih
  • Terlalu lama berbaring
  • Kelenjar keringat pada bayi dan anak-anak tidak berkembang dengan sempurna
  • Kamu memakai pakaian yang terlalu tebal, tidak menyerap keringat, dan kamu pakai saat musim panas.
  • Penyakit seperti hyperhidrosis juga bisa memicu biang keringat loh

Cara Mengobati dan Mencegah Biang Keringat

Dalam proses mengobati kulit yang muncul ruam dan bintik merah kamu bisa menggunakan pelembab kulit yang mempunyai komposisi calamine atau hidrokortison. Tujuannya untuk meredakan gejala-gejala yang timbul akibat penyakit tersebut. Selain pelembab kamu juga bisa mengkonsumsi tablet antihistamin atau mencoba cara berikut ini:

  • Mandilah memakai sabun antiseptik atau yang mempunyai kandungan antibakteri
  • Gunakan pelembab kulit yang ada kandungan ahhydrous lanolin agar kelenjar keringat tidak tersumbat.
  • Pakailah baju dari bahan katun, gunakan model yang longgar dan bisa menyerap keringat secara maksimal. Ingat bahan seperti nylon dan polyester bisa menyimpan panas dalam waktu yang lama.
  • Mandi teratur memakai air dingin.

Selain melakukan anjuran dan pantangan di atas kamu juga bisa mengobatinya dengan cara lain yang lebih alami. Cara yang alami tentunya akan meminimalisir terjadinya alergi dan pemicu penyakit lain pada kulit, diantaranya:

  • Gunakan lidah buaya atau aloe vera yang mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik sehingga bisa kamu gunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Biasanya bagian lidah buaya yang bisa kamu gunakan adalah bagian berwarna putih, kamu bisa mengoleskan pada kulit yang muncul ruamnya paling tidak sehari sekali.
  • Memakai minyak jarak, siapakah yang tidak tau minyak jarak? Minyak jarak pada dasarnya bisa mengontrol produksi minyak berlebih yang ada pada kulit. Nah kamu jika punya minyak jarak, kamu bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang kemerahan.
  • Minyak cendana yang kamu hasilkan dari kayu cendana bisa kamu gunakan untuk mengobati biang keringat. Untuk pemakaiannya kamu bisa mencampurkannya dengan susu dan mengoleskannya pada kulit yang mucul ruamnya. Baru setelah itu bisa kamu bilas tubuh kamu dengan memakai air dingin. Oh yaa jangan berjemur di bawah matahari siang yaa karena bisa membahayakan kulit kita.
  • Kompres menggunakan air dingin untuk meredakan kemerahan dan membuat kulit menjadi lebih tenang.
  • Jangan berdiam diri di tempat yang panas dan lembab. Usahakan mencari AC atau kipas angina sehingga bisa membuat kulitmu bebas dari keringat.

Cara tambahan ini bisa kamu padukan dengan pelembab kulit yang kamu dapatkan dari dokter. Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan dengan mandi, menggunakan pakaian bersih, dan menjaga kebersihan rumah dari berbagai sampah serta barang yang tidak berguna. Biang keringat bisa terjadi pada siapa saja yang tidak bisa menjaga kulitnya untuk tetap kering dan bersih dari berbagai kondisi yang kelembabannya tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *