PARENTING

Anak Anda Kecanduan Gagdet ? Ini Cara Mengatasinya

Seiring perkembangan zaman di era digital seperti ini, orang tua dibuat berfikir keras mengingat anak sekarang rata-rata suka bermain hp, terlebih karena libur sekolah sehingga sebagian besar kegiatan mereka dirumah adalah bermain hp, berbagai fitur bahkan semua fasilitas yang terdapat di gagdet mereka hafal dan sangat profesional, tentu ada sisi negatif dan positif saat anak kecanduan bermain gagdet, namun lebih banyak sisi negatifnya , al hasil anak cenderung lupa akan kewajiban sehari-hari bahkan karena saking fokusnya mereka harus meninggalkan banyak kewajiban, seperti mengaji, belajar bahkan sholat.

Karena itu para orang tua penting sekali mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan gagdet dan Ini Cara Mengatasinya  : 
 

1. Meluangkan Waktu dengan Anak 

Anak-anak menjadi sibuk dengan gadget karena para orangtua cenderung lebih sibuk dengan kegiatan lain dibandingkan dengan bermain dan beraktivitas dengan mereka. Jadi, untuk bisa mengatasi masalah kecanduan gadget pada anak, perbanyaklah waktu untuk dihabiskan dengan mereka. Ajak mereka untuk bermain board games atau membaca buku bersama.Sehingga ada rasa yang dimiliki anak bahwa mereka diperhatikan dan disayangi orang tuanya. 
 

2. Perbanyak Kegiatan di Luar Rumah Anak-anak 

yang sering berdiam diri di rumah akan mencari alternatif kegiatan yang tidak membosankan. Tentu gadget akan menjadi jawabannya. Untuk itu, ajaklah anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah. Pergi hiking atau mengajak anak untuk jalan pagi di akhir pekan bisa membuatnya mendapatkan pilihan kegiatan yang lebih menarik. Dan kegiatan diluar rumah juga bermanfaat bagi anak, yakni menambah wawasan dan juga rasa percaya diri 
 

3. Berikan Contoh dengan Tidak Menghabiskan Banyak Waktu dengan Smartphone 

Ingatlah bahwa anak-anak adalah peniru yang paling ulung. Mereka akan mencontoh apa-apa yang sering dilakukan oleh orangtuanya. Jadi, pastikan kamu tidak memberikan contoh buruk dengan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar smartphone. Sebagai gantinya kamu bisa mengajaknya untuk memasak atau berkebun bersama-sama. 
 

4. Mengajak Bicara atau ngobrol bareng 

Jika anak benar-benar sudah tidak bisa lepas dari gadgetnya, ajaklah ia bicara. Mungkin ini akan menyebabkan drama di mana mereka akan ngambek karena tidak diizinkan lagi bermain gadget, tetapi percayalah bahwa cara ini dapat memberikan perubahan yang lebih signifikan jika dilakukan. Jelaskan pada anak apa-apa saja dampak yang bisa terjadi jika mereka terlalu sering bermain gadget. Tekankan juga bahwa yang kamu lakukan bukanlah melarangnya menggunakan gadget, melainkan membatasi. 

5. Kenalkan Agama 

Karena agama adalah pondasi  hal penting agar anak memahami arti patuh terhadap orang tua dan bimbingan orang tua sangat penting demi kelangsungan hidupnya . Dan dengan mengenalkan agama anak-anak bisa memperbaiki sikap dan prilaku. 


6. Terapkan Aturan yang Jelas 

Terakhir, buatlah aturan yang jelas untuk anak. Pastikan anak-anak paham tentang kapan dan berapa lama ia boleh mengakses gadgetnya. Ia juga harus tahu batasan penggunaan gadget, seperti untuk apa ia bermain dan aplikasi apa saja yang boleh ia gunakan. Pastikan juga mereka tidak memegang gadgetnya sendiri.
 
Demikian  cara mengatasi anak kecanduan gagdet semoga tulisan ini bermanfaat untuk para orang tua yang saat ini putra putrinya kecanduan gagdet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *